KAJIAN VEGETASI DI TAMAN NASIONAL ALAS PURWO

(2006)

Oleh : Supriyadi*

          Vegetasi merupakan komponen taman nasional yang dijaga kelestariannya sehingga perlu dideskripsi dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran vegetasi yang ada di Taman Nasional Alas Purwo, yang mencakup deskripsi tiap tipe vegetasi berdasarkan spesies penyusun dan nilai kelimpahannya (struktur kuantitatif atau struktur floristik) serta variasi spasial vegetasi.

Tipe vegetasi diidentifikasi bukan berdasarkan foto udara tetapi berdasarkan klasifikasi yang sudah dikenal. Tipe vegetasi tersebut meliputi hutan alam, savana, hutan tanaman jati, hutan tanaman mahoni, hutan jati suksesi, hutan mangrove, vegetasi pantai, vegetasi bambu. Metode analisis vegetasi kuadran diterapkan di hutan alam sedangkan metode kuadrat diterapkan di hutan alam, hutan tanaman jati, hutan tanaman mahoni, hutan jati suksesi, hutan mangrove, dan vegetasi pantai. Savana dan tumbuhan bawah di vegetasi pantai dianalisis dengan metode line intercept. Hasilnya adalah struktur kuantitatif disajikan dalam bentuk tabel yang berisi informasi spesies penyusun dan masing-masing kelimpahannya. Variasi vegetasi digambarkan dengan dendrogram yang diperoleh dari analisis kluster.

Vegetasi yang ada di Taman Nasional Alas Purwo mempunyai variasi yang tinggi dari segi struktur kuantitatif atau struktur floristik. Dominasi kerinyu di savana dapat mengurangi persediaan pakan bagi herbivora. Di Taman Nasional Alas Purwo terdapat vegetasi yang mempunyai struktur floristik yang khas, yaitu vegetasi bambu, vegetasi pantai, hutan mangrove, savana, dan hutan alam. Hasil yang diperoleh dipengaruhi oleh ukuran sampel dan ruang lingkup penelitian yang terbatas serta kondisi musim kemarau. Perlu dilakukan deskripsi vegetasi berdasarkan suatu peta vegetasi yang dibuat berdasarkan foto udara.

 

 

Kata Kunci : Taman Nasional Alas Purwo, deskripsi vegetasi, analisis vegetasi


Kembali