HUBUNGAN ANTARA LEBAR PERAKARAN MANGROVE DENGAN KETEBALAN SUBSTRAT LUMPUR DI KAWASAN SEGORO ANAK RESORT GRAJAGAN TAMAN NASIONAL ALAS PURWO

(2010)

 

Oleh : Rizka Januardana*

Hutan mangrove merupakan ekosistem yang khas dan bersifat unik yaitu sebagai penghubung antara daratan dan perairan. Salah satu fungsi hutan mangrove adalah sebagai pelindung dan juga sebagai pendukung kedua ekosistem tersebut. Berbagai fungsi dan manfaat hutan mangrove tidak lepas dari peran perakaran mangrove yang juga memiliki berbagai keunikan. Salah satunya adalah dapat mengakumulasi substrat lumpur agar tetap tinggal pada habitat mangrove tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perakaran mangrove, kondisi substrat lumpur dan hubungan antara perakaran mangrove dengan substrat lumpur di hutan mangrove Segoro Anak Taman Nasional Alas Purwo. Untuk memenuhi tujuan penelitian tersebut, dilakukan metode sistematik dengan petak ukur kuadrat meliputi pengukuran  vegetasi  dan  pengukuran  faktor  fisik-kimia  perairan  yaitu  oksigen terlarut (DO), suhu, salinitas, derajat keasaman (pH) dan ketebalan lumpur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebar perakaran mangrove rata-rata sebesar 3,19  meter  dan  untuk  tebal  lumpur  rata-rata  117,72  cm.  Hubungan  antara  lebar perakaran mangrove dengan ketebalan lumpur signifikan dengan koefisien korelasi 0,845. Berdasarkan analisis regresi, lebar perakaran mangrove berpengaruh signifikan terhadap   ketebalan   lumpur   dengan   model  persamaan   regresi   yang   diperoleh : Y = 52,609 + 0,027 X dengan koefisien determinasi sebesar 0,714. Artinya adalah bahwa variasi lebar perakaran (X) mangrove mampu merepresentasikan variasi tebal lumpur (Y) pada habitat mangrove sebesar 71,4 %. Sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.  Hal ini menunjukka n bahwa semakin  lebar perakaran mangrove maka akan semakin tebal lumpur yang terdapat pada habitat tersebut.

 

 

Kata kunci : Mangrove, Perakaran, Substrat lumpur

 

 



¹Mahasiswa Bagian Konservasi Sumberdaya Hutan Fakultas Kehutanan UGM

²Dosen di Bagian Konservasi Sumberdaya Hutan Fakultas Kehutanan UGM

 


Kembali