TESIS POLA PENGELOMPOKAN VEGETASI MANGROVE DI TELUK PANGPANG TAMAN NASIONAL ALAS PURWO

(2011)

 

Oleh : Lugi Hartanto*

 

            Ekosistem mangrove merupakan ekosistem yang unik dan rawan, mempunyai peranan fungsi multiguna baik jasa biologis, ekologis maupun ekonomis Hutan mangrove di Teluk Pangpang merupakan salah satu ciri khas hutan alam di Taman Nasional Alas Purwo. Penelitian tentang pola pengelompokkan vegetasi mangrove di Teluk Pangpang Taman Nasional Alas Purwo merupakan salah satu informasi yang diperlukan pengelola dalam upaya pelestarian hutan mangrove di Taman Nasional Alas Purwo.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi jenis penyusun vegetasi hutan mangrove di Teluk Pangpang Taman Nasional Alas Purwo. Mengetahui pola pengelompokan vegetasi mangrove yang terbentuk di Teluk Pangpang Taman Nasional Alas Purwo. Mengetahui hubungan antara beberapa faktor habitat antara lain salinitas, ketebalan substrat, pH tanah, pH air dan suhu perairan terhadap pola pengelompokan mangrove di Teluk Pangpang Taman Nasional Alas Purwo.

Penelitian ini dilaksanakan di teluk Pangpang Taman Nasional alas Purwo dengan luas 198 Ha, terbagi dalam 5 blok penelitian dengan 15 jalur pengamatan. Pada tiap jalur dibuat petak pengamatan ukuran 2 x 2 untuk semai, 5 x 5 m untuk pancang dan 10 x 10 m untuk tiang serta pohon. Analisis data menggunakan analisis vegetasi, analisis ordinasi dua dimensi, dan hubungan antara faktor habitat dengan pola pengelompokkan dianalisis dengan korelasi secara sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompisisi jenis penyusun vegetasi mangrove untuk tingkat pohon, tiang dan pancang ditemukan 13 jenis, 14 jenis dan 12 jenis yang didominasi oleh Rhizophora apiculata Blume, sedangkan untuk tingkat semai hanya ditemukan 6 jenis yang didominasi oleh jenis Ceriops tagal C.B. Rob. Pola pengelompokkan vegetasi mangrove untuk tingkat pohon terdiri dari 4 kelompok, tingkat tiang terdiri dari 4 kelompok, untuk tingkat pancang terdiri dari 4 kelompok dan untuk tingkat semai terdiri dari 3 kelompok. Faktor habitat yang berkaitan erat dengan pola pengelompokkan mangrove antara lain suhu air dan salinitas untuk tingkat pohon, suhu air untuk tingkat tiang, suhu air untuk tingkat pancang dan untuk tingkat semai berkaitan erat dengan kedalaman lumpur dan suhu air.

 

 

Kata Kunci : Mangrove, Pengelompokkan, Ordinasi



Mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Kehutanan UGM


Kembali