POLA DISTRIBUSI SPASIAL Ceriops sp.

DI HUTAN MANGROVE SEGARA ANAK

TAMAN NASIONAL ALAS PURWO BANYUWANGI

(2011)

 

Oleh : Nur Patria Kurniawan*

Mangrove mempunyai fungsi dan peranan yang sangat penting secara ekologis dan ekonomis, sehingga dalam pengelolaan serta pemanfaatannya harus memperhatikan kelestariannya. Salah satu upaya menjaga kelestarian hutan mangrove adalah denganmengetahui informasi komposisi termasuk perubahan jenis dominan serta pola distribusinya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi jenis penyusun hutan mangrove yang telah mengalami perubahan jenis dominan, mengetahui pola distribusi spasial jenis Ceriops sp. serta hubungannya dengan faktor-faktor lingkungan yang ada di hutan mangrove Segara Anak TN Alas Purwo Banyuwangi.

Penelitian dilakukan dengan membuat 14 jalur pengamatan yang berada di lokasi mangrove sebelah Selatan dan Utara Sungai Segara Anak TN Alas Purwo dari muara hingga hulu. Pada setiap jalur diletakkan plot pengamatan secara kontinyu dengan ukuran 10 m X 10 m untuk tingkat pohon, 5 m X 5 m untuk sapihan dan 1 m X 1 m untuk semai. Untuk mengetahui hubungan pola distribusi jenis dengan factor lingkungan, diukur juga data suhu, salinitas, pH dan kedalama n substrat di setiap petak ukur, yang dianalisis dengan regresi dan korelasi menggunakan variabel dummy.

Hasil penelitian menunujukkan bahwa di lokasi Utara sungai terdapat 17 jenis dan Selatan sungai 14 jenis untuk tingkat pohon dengan dominansi Rhizophora mucronata Lamk.; untuk tingkat sapihan ditemukan sebanyak 16 jenis di Utara sungai dan 13 jenis di Selatan sungai dengan dominansi jenis Ceriops tagal (Perr.) C.B. Rob; dan pada tingkat semai di Utara sungai ditemukan 15 jenis dengan dominansi Ceriops tagal (Perr.) C.B. Rob sedangkan di Selatan sungai ditemukan 13 jenis dengan dominansi Rhizophora mucronata Lamk. Pola distribusi spasial jenis Ceriops tagal (Perr.) C.B. Rob baik di Utara maupun Sela tan sungai mempunyai pola mengelompok. Faktor-faktor lingkungan yang berhubungan dengan pola distribusi tersebut antara lain: suhu, salinitas dan kedalaman substrat, sedangkan pH tidak signifikan. Disamping itu lokasi tempat tumbuh mangrove (sebelah Utara sungai) serta tingkatan hidup vegetasi (sapihan) juga mempunyai hubungan dengan pola distribusi spasial.

 

 

Kata Kunci: Mangrove, Ceriops sp., Pola Distribusi, Faktor Lingkungan



Mahasiswa Program Studi Ilmu Kehutanan Program Pascasarjana Fakultas Kehutanan UGM


Kembali