KUALITAS HABITAT MANGROVE UNTUK SILVOFISHERY DI KAWASAN TAMAN NASIONAL ALAS PURWO, BANYUWANGI, JAWA TIMUR

 

 

Oleh : Prasiska Damastuti [1]

 Erny Poedjirahajoe [2]

 

 

Intisari

Kawasan mangrove di Indonesia yang cukup luas berada di Jawa Timur, khususnya di kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Kawasan mangrove yang terletak di muara Segara Anak berdekatan dengan pemukiman sehingga menimbulkan masalah yang kompleks, yaitu intervensi masyarakat setempat yang menjadikan mangrove sebagai lahan pemukiman dan tambak. Oleh karena itu, penentuan kawasan sebagai lahan silvofishery diharapkan mampu mengurangi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas habitat mangrove dan kesesuaiannya untuk silvofishery di kawasan mangrove Taman Nasional Alas Purwo

Metode yang digunakan untuk pengambilan data vegetasi adalah teknik sampling kuadrat dengan peletakan secara sistematis. Ukuran sampling kuadrat yang digunakan adalah 10×10 meter untuk tingkatan tiang/pohon, 5×5 meter untuk sapihan, dan 2×2 meter untuk semai. Jarak antar petak ukur yang digunakan adalah 50 meter. IS yang digunakan sebesar 0,06% dengan jumlah petak ukur 56. Pengambilan data fisik, kimia, dan biologi perairan dilakukan dalam petak ukur vegetasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan formula kepadatan/kerapatan spesies, Indeks Diversitas Simpson, membandingkan hasil penelitian dengan penelitian Poedjirahajoe (2011) dan analisis statistik dengan bantuan software SPSS 15.0.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kawasan mangrove Segara Anak mempunyai kerapatan 1952 pohon/Ha dengan kepadatan plankton 285 indv/lt. Nilai pH sebesar 6; DO 4,86 mg/L; suhu 27,8 °C; salinitas 28,1 %% dan ketebalan lumpur 59,3 cm. Kualitas habitat mangrove tersebut mengindikasikan bahwa kawasan mangrove Segara Anak TNAP perlu ditingkatkan supaya dapat digunakan untuk silvofishery.

 

 

Kata kunci : mangrove, silvofishery, kesesuaian



[1] Mahasiswa Jurusan KSDH, Fakultas Kehutanan UGM

[2] Dosen Pembimbing Skripsi, Fakultas Kehutanan UGM


Kembali