KUALITAS HABITAT MANGROVE PADA LOKASI YANG DIDOMINASI JENIS Ceriops tagal DAN Rhizophora spp. DI SEGARA ANAK TAMAN NASIONAL ALAS PURWO

Oleh:

Resita Mira Wijayanti[1] Dr. Erny Poedjirahajoe, M.P[2]

INTISARI

 

Hutan mangrove dikenal sebagai hutan yang mampu hidup beradaptasi pada lingkungan pesisir yang sangat ekstrim, namun keberadaannya rentan terhadap perubahan lingkungan. Kawasan mangrove Segara Anak Taman Nasional Alas Purwo yang dijadikan sebagai salah satu objek wisata dan pemanfaatan lain oleh masyarakat serta letaknya yang berada disekitar pemukiman maupun perladangan masyarakat akan berdampak pada perubahan kualitas habitat mangrove. Jenis Ceriops tagal yang akhir-akhir ini ditemukan banyak mendominasi dibeberapa kawasan mangrove Segara Anak dimungkinkan akibat terjadi perubahan kualitas habitat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas habitat mangrove yang didominasi oleh Ceriops tagal dan yang didominasi oleh Rhizophora spp. Di kawasan mangrove Segara Anak Taman Nasional Alas Purwo. Metode yang digunakan yaitu pengukuran kerapatan vegetasi dan faktor fisik kimia habitat mangrove yang meliputi suhu, pH, ketebalan lumpur, oksigen terlarut/DO, salinitas dan unsur hara NPK, serta faktor biologi perairan yaitu kepadatan dan keanekaragaman plankton. Dilanjutkan dengan analisis T (T-Test) untuk mengetahui perbedaan kualitas habitat diantara kedua lokasi dominasi Ceriops tagal dan Rhizophora spp.

Hasil penelitian kualitas habitat mangrove pada kedua lokasi dominasi Ceriops tagal dan dominasi Rhizophora spp. menunjukkan bahwa terdapat enam parameter yang berbeda signifikan yaitu kerapatan semai, suhu, pH, salinitas, dan unsur hara nitrogen (N-total) serta keanekaragaman plankton. Sedangkan parameter lainnya yaitu kerapatan sapihan, kerapatan tiang/pohon, ketebalan lumpur, oksigen terlarut, dan unsur hara fosfor (F) juga unsur hara kalium (K) serta kepadatan plankton tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan diantara kedua lokasi dominasi Ceriops tagal dan dominasi Rhizophora spp. Lokasi yang didominasi oleh jenis Ceriops tagal menunjukkan kualitas habitat dan kondisi sekitar mangrove yang relatif lebih rendah. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa jenis Ceriops tagal merupakan jenis yang mampu beradaptasi dengan kualitas habitat dan kondisi sekitar mangrove yang kurang menguntungkan di kawasan mangrove Segara Anak Taman Nasional Alas Purwo.

Kata Kunci : Mangrove, Kualitas Habitat



[1] Mahasiswa Minat Konservasi Sumberdaya Hutan. Fakultas Kehutanan UGM

[2] Dosen Konservasi Sumberdaya Hutan. Fakultas Kehutanan UGM


Kembali