POTENSI LINGKUNGAN GEOLOGI KAWASAN KARST SEMENANJUNG BLAMBANGAN KABUPATEN BANYUWANGI JAWATIMUR

 (2006)

 

Oleh : Ir. Sriyono, MS dan Riki Saputra*

            Semenanjung Blambangan berada di ujung timur-selatan Pulau Jawa, secara geomorfologi dikenal sebagai Kars Blambangan yang merupakan bagian terbesar dari Taman Nasional Alas Purwo. Tujuan penelitian adalah invetarisasi lingkungan geologi kawasan semenanjung, meliputi temuan keadaan geomorfologi, geologi. sesumber dan peluang bencana, dengan harapan dapat diketahui peranannya sebagai pendukung dalam pengembangan konservasi Taman Nasional Alas Purwo.

Penelitian menerapkan metode observasi lapangan berdasarkan temuan singkapan lingkungan geologi. Dalam penelitian tingkat tinjau ini. diterapkan lintasan rule secara poligon tertutup, menyusuri pesisir – pantai, pengolahan litologi secara petrografi, dan geokimia batugamping secara AAS.

Keadaan geologi Semenanjung Blambangan berupa gemorfologi kars, litologi: Formasi Batuampar, Formasi Punung, dan Endapan aluvial; terbentuk kelurusan dan sesar pada dua Formasi. Potensi lingkungan geologi semenanjung terdiri dari sesumber: lahan kars, bahan galian industry, air tawar, gelombang laut tercakup pantai – pesisir. Lahan kars melampar >90% dari kawasan semenanjung, dengan jenis kars mikro, minor, mayor; eksokars dan endokars yang sangat mencolok pembentukan gua. Sesumber bahan galian dominan batugamping, dan andesit dari intrusi, fosfat guano maupun sirtu. Sesumber air tawar dari telaga dan mata-air. Sangat eksklusif pemunculan sungai bawah-tanah di Gua Istana. Gelombang laut di Pantai Plengkung merupakan sesumber, dimanfaatkan untuk selancar dan lokasi wisata pesisir – pantai. Peluang bencana pada atap gua runtuh, pencemaran lingkungan oleh wisatawan, dan tsunami. Potensi lingkungan geologi mendukung pengembangan model konservasi Taman Nasional Alas Purwo

 

Kata kunci: potensi, lingkungan geologi, kars, Semenanjung Blambangan. Taman Nasional Alas Purwo.



Kerjasama Balai TNAP dan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta


Kembali