EFEKTIVITAS PENGELOLAAN RESORT DI TAMAN NASIONAL ALAS PURWO

 (2010)

 

Oleh : Noor Susila*

Balai Taman Nasional Alas Purwo merupakan perintis pengelolaan taman nasional berbasis resort di Indonesia. Taman Nasional Alas Purwo sering menjadi rujukan pengelolaan kawasan konservasi yang efektif. Padahal hingga kini belum pernah dilakukan pengukuran efektifivitas pengelolaan resort-resort yang ada di kawasan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengelolaan resort-resort yang ada di lingkup Balai Taman Nasional, dan membandingkan pengelolaan antar resort yang ada.

Penelitian dilakukan dengan metode RAPPAM (Rapid Assessment and Prioritization of Protected Areas Management) yang dikembangkan oleh WWF. Responden dari penelitian ini adalah staf pengelola (Pengendali Ekosistem Hutan dan Polisi Hutan) di tiap resort. Data dikumpulkan dari responden yang sedang bertugas di tiap resort dalam bentuk diskusi kelompok yang terarah (Focus Group Discussion) untuk pengisian Rapid Assessment Quesioner yang dipandu peneliti.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan di tingkat resort Taman Nasional Alas Purwo sudah efektif, ini ditunjukkan dari tekanan dan ancaman yang rendah dan cenderung menurun dari waktu ke waktu, nilai kepentingan biologi dan sosial ekonomi yang tinggi dan kerentanan yang rendah. Efektivitas manajemen di seluruh resort Taman Nasional Alas Purwo memiliki nilai yang merata. Prioritas konservasi akibat ancaman terhadap nilai kepentingan biologi adalah di resort Kucur dan Grajagan sedangkan prioritas konservasi akibat ancaman terhadap nilai kepentingan sosial ekonomi di resort Kucur, Grajagan dan Pancur.

 

Kata Kunci : Pengelolaan Berbasis Resort, RAPPAM, Efektivitas Pengelolaan



Mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM


Kembali