AVES
 

Aves di Taman Nasional Alas Purwo, ditemukan 302 jenis. Merak Hijau merupakan jenis aves yang menjadi primadona dan dapat dijumpai dengan mudah di kawasan. Aktivitas merak sangat menarik untuk diamati, terutama saat mereka kawin. Keberadaanya mudah dijumpai dari mulai pintu masuk Rowobendo, Feeding Ground Sadengan dan sepanjang jalan menuju Ngagelan. Waktu terbaik untuk mengamati merak adalah bulan Agustus-Oktober.

 

Beberapa jenis burung lain yang mudah dilihat diantaranya Elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster), Elang ular bido (Spilornis cheela), ayam hutan hijau (Galus varius), ayam hutan merah (Gallus gallus), kuntul kecil (Egreta garzeta), mentok rimba (Cairina scutulata), rangkong badak (Buceros rhinoceros), merak hijau (Pavo muticus), Dara laut jambul (Sterna bergii) dan cekakak jawa (Halcyon cyanoventris).

Alas Purwo merupakan salah satu wilayah penting di jawa dalam proses migrasi burung dari daratan asia menuju Australia, atau yang dikenal dengan jalur terbang Asia Timur – Australasia. Biasanya kelompok burung migran ini datang dari arah barat dan berada di daerah-dareah sekitar pantai selatan di taman nasional pada bulan September-November tiap tahunnya, sebelum mereka melanjutkan perjalanannya ke arah timur.

 

Berikut daftar jenis burung di Taman Nasional Alas Purwo :


Kembali