BEDUL
 

Kawasan hutan Mangrove di Bedul merupakan hutan mangrove terluas yang masih tersisa di Jawa. Keindahan lokasi ini dari keutuhan dan kealamian hutan mangove yang ada dan menjadi tempat untuk mencari makan dan berkembang biak beberapa jenis burung air (bangau tong-tong, pecuk ular, trinil, raja udang dan lain-lain) serta beberapa jenis burung migran.

Selain itu Bedul merupakan salah satu tempat yang digunakan masyarakat untuk mencari kerang, udang, kepiting dan ikan yang ada disana dengan menggunakan alat tangkap tradisional sehingga kegiatan tersebut merupakan salah satu atraksi wisata di Bedul.

Dalam pengembangan Blok Bedul, Balai Taman Nasional Alas Purwo bekerjasama dengan Desa Sumbersari yang didasarkan pada “Pengembangan Wisata Alam Terbatas Blok Bedul”. Pengembangan pariwisata di Blok Bedul diarahkan untuk wisata berwawasan lingkungan (ecotourism), yang mengedepankan prinsip-prinsip konservasi. Saat ini terdapat beberapa paket wisata yang ditawarkan untuk menyusuri mangrove denga menggunakan perahu tradisional milik masyarakat setempat. Paket-paket tersebut antatra lain, menyusuri dan menjelajahi mangrove di lokasi Kere, menyusuri mangrove dan menikmati burung air di daerah Cungur serta Menyusuri mangrove dan melihat pempat penetasan penyu di Ngagelan. Selain itu juga terdapat paket menyusuri mangrove dengan menggunakan kano yang disediakan oleh masyarakat Desa Sumber Asri




Kembali