Erna Fatmawati
 

STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK EKOWISATA HUTAN MANGROVE BEDUL TAMAN NASIONAL ALAS PURWO

 

Erna Fatmawati

 

RINGKASAN

 

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui strategi pengembangan produk. Strategi pengembangan produk digunakan untuk menciptakan produk yang dinamis agar  mampu  mempertahankan pelanggan dalam  persaingan termasuk  pada bisnis pariwisata. Tipe penelitian ini  menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan penentuan informan menggunakan teknik indepht interview.

Hasil  penelitian menunjukkan bahwa strategi  pengembangan produk  yang dilakukan  mempunyai tujuan untuk pelestarian alam, meningkatkan perekonomian masyarakat setempat serta  penciptaan paket wisata. Strategi pengembangan produk yang dilakukan oleh Ekowisata Hutan  Mangrove Bedul, ternyata sudah mencapai tujuan yang di tetapkan di atas. Namun masih terdapat  kendala yang dialami oleh pengelola Ekowisata  Hutan Mangrove Bedul  dalam menjalankan strategi pengembangan     produk. Hambatan yang dialami        yakni           keterbatasan dana pengembangan yang sampai saat ini masih mengandalkan anggaran dari desa, sumber daya  manusia  tentang  kepariwisataan  masih  terbilang  kurang  serta  daya  beli masyarakat yang masih rendah.

Berdasarkan     hasil     dari      penelitian         dapat    disimpulkan     bahwa  strategi pengembangan  produk  yang  dilakukan  sudah  cukup  baikdan  mampu  menarik wisatawan  datang  berkunjung.Keberadaan Ekowisata Hutan Mangrove Bedul dapat membantu menjaga  konservasi lingkungan dengan adanya peran aktif masyarakat sekitar. Kesadaran masyarakat  sekitar akan lingkungan semakin meningkat karena dengan demikian dapat membantu menjaga  kealamian lingkungan yang dijadikan tujuan wisata serta mereka mendapatkan pendapatan dari lingkungan tersebut tanpa harus merusaknya.


Kembali