FAUNA
 

Disamping kaya akan jenis-jenis flora, Taman Nasional Alas Purwo juga kaya akan jenis-jenis fauna daratan, baik kelas mamalia, aves dan herpetofaunaBerikut merupakan fauna yang ada di TNAP:

MAMALIA
Ditemukan 46 jenis mamalia di Taman Nasional Alas Purwo. Diantara mamalia tersebut yang menjadi spesies kunci bagi Taman Nasional Alas Purwo adalah Banteng. Banteng (Bos javanicus) merupakan salah satu jenis satwa mamalia ruminansia besar yang elok dan sudah langka, khususnya di Indonesia hanya terdapat di Pulau Jawa, Kalimantan. Banteng mempunyai tubuh yang tegap, besar dan kuat dengan bahu depan lebih tinggi daripada bagian belakang. Di kepalanya terdapat sepasang tanduk, pada banteng jantan dewasa tanduknya berwarna hitam mengkilat, runcing dan melengkung ke depan sedangkan pada banteng betina tanduknya lebih kecil dan melengkung ke belakang.

Banteng menyebar merata diseluruh kawasan terutama di sungai-sungai yang tergenang air, sungai kering yang ditumbuhi rumput dan juga diperbukitan yang ditumbuhi bambu. Lokasi yang paling mudah untuk meyaksikan satwa jenis Banteng ini adalah di Feeding Ground Sadengan yang merupakan salah satu habitat Banteng yang mempunyai kondisi yang cukup ideal bagi kehidupan Banteng.

Banteng (Bos javanicus) Lutung (Tracypithecus auratus) Babi Hutan (Sus scrofa) Rusa (Cervus timorensis) Kijang (Muntiacus muntjak)

 

AVES
Pengumpulan data terbaru yang dilakukan oleh Taman Nasional Alas Purwo dengan cara menggabungkan data dari monitoring secara berkala dan dari hasil penelitian yang telah dilakukan di TNAP sampai dengan tahun 2011, di Taman Nasional Alas Purwo ditemukan 284 jenis burung dan 70 jenis diantaranya dilindungi. Beberapa jenis burung yang mudah dilihat diantaranya Elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster), Elang ular bido (Spilornis cheela), ayam hutan hijau (Galus varius), ayam hutan merah (Gallus gallus), kuntul kecil (Egreta garzeta), mentok rimba (Cairina scutulata), rangkong badak (Buceros rhinoceros), merak hijau (Pavo muticus), Dara laut jambul (Sterna bergii) dan cekakak jawa (Halcyon cyanoventris).

Ayam Hutan Hijau (Gallus varius) Elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster) Elang Ular Bido (Spilornis cheela) Dara laut jambul (Sterna bergii) Merak Hijau (Pavo muticus)

 

HERPETOFAUNA
Herpetofauna terdiri dari kelas amfibi an reptil. Sampai saat ini tercatat ditemukan 63 jenis herpetofauna yang terdiri 15 jenis amfibi dan 47 jenis reptil. Diantara jenis yang ditemukan terdapat 6 jenis reptil yang dilindungi yaitu penyu lekang/ abu-abu (Lepidochelys olivacea), penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), biawak abu-abu (Varanus nebulosus) dan ular sanca bodo (Python molurus).

Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea) Biawak Air Asia (Varanus salvator) Ular Pucuk (Ahetulla prasina) Ular Pohon Paradise (Chrysopelea paradise) Katak Pohon Bergaris (Polypedates leucomystax) Percil Jawa (Microhyla achatina)

Kembali