FISHING
 

Memancing di Taman Nasional Alas Purwo dapat dibedakan berdasarkan teknik yang digunakan yaitu:

1. Casting adalah teknik memancing dengan cara melemparkan kail bersama umpan buatan (lure). Setelah beberapa saat umpan ditarik perlahan-lahan sehingga tampak berlengang-lengok. Ikan akan mengira umpan itu adalah mangsanya dan mulai mematuk. Lokasi yang cocok digunakan menggunakan teknik ini yaitu Tanjung Sembulungan, Perpat, Slenggrong, Tanjung Pasir, Pondok Waru, Jajang dan Kucur Lama.

2. Popping adalah teknik memancing dengan menggunakan umpan tiruan yang disebut popper. Pada jarak tertentu umpan ditarik sehingga bergerak di permukaan air sambil menimbulkan cipratan yang mengundang predator. Teknik ini biasa digunakan untuk memancing ikan permukaan. Lokasi yang cocok digunakan menggunakan teknik ini yaitu Pancur, Parang Ireng, Plengkung, Parang Gedek, Pondok Waru, Pecelengan dan Kapal Pecah. Ikan yang menjadi target yaitu GT (Giant Trevally), barakuda, dan tengiri.

3. Jigging merupakan teknik memancing dengan menggunakan jigs. Biasanya digunakan untuk pemancingan ikan di kedalaman (dasar). Mata kail dibiarkan sampai atau mendekati dasar air lalu ditarik ulur untuk memancing ikan mendekat.
Lokasi yang cocok digunakan menggunakan teknik ini yaitu Sumur Tong, Tanjung Batu, Slenggrong dan Perpat. Ikan yang menjadi target yaitu kakap merah, kerapu, tuna.




Kembali