FLORA
 

Secara umum terdapat lebih dari 700 jenis tumbuhan yang telah teridentifikasi di kawasan dan terbagi dalam 123 famili. Verbenaceae dan Poaceae merupakan famili yang memiliki jumlah jenis terbanyak. Jika dilihat berdasarkan pengelompokan tempat tumbuh, tumbuhan dataran rendah memiliki jenis terbanyak, disusul tumbuhan pantai, dan tumbuhan mangrove.

Tumbuhan dataran rendah didominasi oleh bambu yang tersebar di bagian tepi kawasan dan berasosiasi dengan tumbuhan pantai dan tumbuhan dataran rendah lainnya. Keberadaan jenis bambu Alas Purwo pernah dilaporkan mencapai 13 jenis, namun berdasarkan hasil pendataan terakhir yang dilakukan teridentifikasi sedikitnya 10 jenis bambu, sedangkan beberapa jenis lain sudah tidak dijumpai lagi saat ini, seperti bambu wulung, bambu rampal dan bambu petung.

Dominasi bambu di Taman Nasional Alas Purwo dilihat dari udara

Tumbuhan pantai merupakan tumbuhan dengan jenis penyusun terbanyak kedua setelah tumbuhan dataran rendah. Sebagai kawasan yang memiliki panjang pantai lebih dari 100 km dan karakteristik lokasi yang berbeda antara satu dengan lainnya, TN Alas Purwo memiliki banyak jenis tumbuhan pantai dengan tumbuhan khas Sawo Kecik (Manilkara kauki).

 


Sawo Kecik

 

Mangrove merupakan tumbuhan yang terdapat pada daerah pasang surut. Di dalam kawasan TN Alas Purwo terdapat 26 jenis mangrove sejati yang terbagi dalam 13 famili. Terdapat dua jenis tumbuhan mangrove yang termasuk dalam jenis langka global yaitu Ceriops decandra dan Scyphiphora hydrophyllacea.



Kembali