HERPETOFAUNA

Sampai saat ini tercatat ditemukan 63 jenis herpetofauna yang terdiri 15 jenis amfibi dan 48 jenis reptil. Diantara jenis herpetofauna yang ada di kawasan, terdapat 6 jenis reptil yang dilindungi oleh peraturan di Indonesia, yaitu penyu lekang/ abu-abu (Lepidochelys olivacea), penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), biawak abu-abu (Varanus nebulosus) dan ular sanca bodo (Python molurus).

Alas Purwo merupakan salah satu daerah pendaratan pentiing bagi 4 jenis penyu, yaitu penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), dan penyu belimbing (Dermochelys coriacea). Keempat jenis penyu tersebut dijumpai di sepanjang pantai selatan dari Pancur sampai Cungur yang terletak di bagian selatan kawasan.

Penyu lekang merupakan jenis penyu yang paling banyak mendarat di TNAP. Berdasarkan pemantauan yang dilakukan, dari tahun ke tahun jumlah penyu lekang yang mendarat mengalami peningkatan dari tahun ketahun.


Beberapa jenis herpetofauna lain yang mudah dijumpai di kawasan diantaranya yaitu percil jawa (Microhyla achatina), katak tegalan (Fejervarya limnocharis), dan katak pohon bergaris (Polypedates leucomystax) untuk jenis amfibi, sedangkan reptil yang mudah dijumpai yaitu biawak air asia (Varanus salvator), ular tampar/ ular tali picis (Dendrelaphis pictus), kadal kebun (Eutropis multifasciata), dan ular sanca bodo (Python molurus).

Berikut daftar jenis herpetofauna Taman Nasional Alas Purwo :

Download

Share this post