In House Training Sistem Informasi Geografis
 

Teknologi Pengelolaan suatu kawasan mengalami banyak perkembangan diantaranya yakni penggunaan Sistem Informasi Geografis, hal ini ditangkap oleh Balai TN Alas Purwo sebagai upaya meningkatkan optimalitas kegiatan pengelolaan kawasan konservasi. Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kualitas sumberdaya manusia pegawai pihak Balai TN Alas Purwo mengadakan kegiatan In House Training Sistem Informasi Geografis atau yang lebih dikenal dengan istilah GIS. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 – 22 Maret 2013 di Balai TN Alas Purwo dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang yang merupakan staf teknis pengelola kawasan konservasi yang dalam pelaksanaan tugas sehari-hari membantu kegiatan pengambilan data di lapangan. Peserta dibagi menjadi dua kelas yakni kelas dasar bagi pemula dan kelas lanjutan.

Adapun pemateri yang dihadirkan adalah dosen Fakultas Kehutanan dan Fakultas Geografi UGM yang membidangi GIS yaitu Bp. Hero Marhaento, S.Hut, M.Si, Totok Wahyu Wibowo, S.Si, M.Si dan M. Wahyu Dicky Zulkarnaen, S.Kel, M.Sc. Dalam pelaksanaannya peserta dilatih untuk mampu dan menguasai penggunaan GPS tipe Navigasi untuk membantu kegiatan survey lapangan. Selain itu peserta juga diajari bagaimana melakukan analisis data spasial untuk mendukung kegiatan pengelolaan kawasan konservasi. Pada akhirnya peserta mampu menyajikan hasil pengolahan data spasial sesuai standar kaidah pemetaan yang baku.

Adapun materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan In House Training Sistem Informasi Geografis untuk mencapai tujuan yang dimaksudkan di atas adalah Pengantar GIS dan Global Positioning System (GPS), Operasional GPS, penggunaan software DNR Garmin dan Map Source sebagai media transfer data GPS, Penggunaan Google Earth sebagai media visualisasi data spasial, Input data spasial via ArcGIS 9.31, Editing data spasial dan penyajian Hasil (Lay Out).


Kembali