Inhouse Training Pengelolaanan Satwa Liar
 

    

Inhouse Training Pengelolaan Satwa Liar Balai Taman Nasional Alas Purwo Tahun 2012 dilaksanakan mulai tanggal 4 s/d 6 September 2012 bertempat di Trianggulasi, Seksi Pengelolaan TN Wilayah I Tegaldlimo. Pemberi materi adalah Dr. Dolly Prihatna dan Iding Ahmad R. dari ZSL (zoological Science of London) Indonesia yaitu organisasi LSM yang bergerak pada bidang pengelolaan satwa. Peserta diklat adalah staf Balai TNAP, TN Baluran dan TN Merubetiri yang keseluruhan berjumlah 25 orang.

Materi yang diajarkan adalah :

  1. Teknik-teknik Monitoring Satwa liar : a. Teknik Telemetri (radio telemetri) ; b. Camera Traping untuk pendugaan populasi satwa khususnya macan tutul.
  2. Metode-metode analisis pengelolaan satwa liar untuk mengetahui kelimpahan dan kepadatan populasi satwa baik mamalia besar maupun burung.
  3. Pendugaan populasi macan dengan menggunakan metode camera trap : a. Desain survei, ; b. Teknik penempatan camera

Selain menerima materi di kelas, peserta juga melakukan praktek lapangan menggunakan Radio Telemetri pada 3 titik pengamatan (stasiun). Setelah melakukan praktek peserta yang dibagi menjadi 3 kelompok diminta mempresentasikan hasil pengamatan dan kemudian di evaluasi bersama. Setelah itu seluruh peserta membuat rumusan hasil pelatihan berupa Rancangan Kegiatan Monitoring Macan Tutul dan Mamalia Besar Lainnya di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo.


Kembali

Switch to our mobile site