Jaring Ikan, Nelayan Dapat Buaya
 

Buaya Kaliwutu

BANYUWANGI –?Masyarakat Dusun Persen, Desa Kedungasri, Kecamatan Tegaldlimo, dikagetkan dengan penemuan seekor buaya pada Senin (23/2). Buaya itu ditemukan salah seorang nelayan. Saat dia mencari ikan di kawasan sekitar muara hutan mangrove, jaringnya ternyata berisi buaya.

Nelayan Dusun Persen, Desa Kedungasri, yang mencari ikan sambil naik perahu tersebut menggunakan jaring di kawasan hutan mangrove Kaliwutu, dusun setempat. “Saat itu jaringnya tertarik keras,” ujar nelayan yang tidak mau disebutkan namanya tersebut Selasa (24/2).

Dia lantas berusaha menarik jaring sambil menepikan perahu ke darat. Dia pun menduga bahwa yang ada di jaringnya itu adalah ikan besar yang terperangkap. “Saat jaring saya tarik, ternyata ada buayanya. Lalu, saya tarik terus sampai di daratan,” katanya.

Selanjutnya, saat ada di darat, buaya tersebut langsung dibekap dan matanya ditutup dengan menggunakan karung. “Lalu, saya lapor kepada petugas perikanan di Muncar,” ungkapnya.

Kepala Desa (Kades) Kedungasri Sunaryo menyatakan, penemuan buaya di sekitar mangrove Kaliwutu itu baru kali pertama terjadi. Selama ini warga acap melaporkan adanya buaya di sekitar tanaman mangrove. “Kemungkinan masih ada buaya lagi di sekitar mangrove tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, seorang petugas Taman Nasional Alas Purwo Heri mengungkapkan, pihaknya mendapat laporan soal adanya penemuan buaya tersebut sekitar pukul 11.00. Saat dia tiba di lokasi, ternyata buaya itu sudah berada di darat dengan kondisi terikat pada kaki dan mulut. “Warga sudah bisa mengatasi dengan mengikat buaya pada kaki dan mulut pakai karet ban,”?terangnya.

Kapolsek Tegaldlimo AKP Hery Purnomo juga mengaku telah mendapatkan informasi dari warga soal penemuan buaya tersebut. Anggotanya bersama petugas BKSDA dan Taman Nasional Alas Purwo lalu mendatangi lokasi untuk mensterilkan lokasi penemuan buaya itu. “Buayanya saat itu langsung diangkut ke atas mobil Taman Nasional Alas Purwo,”?katanya.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Seksi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Banyuwangi Pudjiadi menyebutkan bahwa pihaknya sudah menerima informasi soal adanya nelayan yang menemukan buaya sepanjang sekitar 2 meter tersebut. “Jenis kelaminnya jantan dan langsung kita titipkan ke lembaga konservasi Mirah Fantasia di Banyuwangi,” jelasnya via ponsel.(ddy/abi/JPNN/c20/dwi)

Sumber : http://www.jawapos.com/baca/artikel/13460/jaring-ikan-nelayan-dapat-buaya


Kembali