Kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Desain Tapak Pengelolaan Pariwisata Alam
 

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan mengenai penyusunan desain tapak ini diselenggarakan pada tanggal 20 – 21 Maret 2013 dan diikuti oleh 20 orang yang berasal dari instansi BBKSDA Jawa Timur, BTN Meru Betiri, BTN Baluran dan BTN Alas Purwo. Kegiatan diisi dengan pemberian materi di hari pertama dan praktek/simulasi di kawasan TWA Kawah Ijen pada hari kedua. Materi yang disampaikan yaitu : Rencana Pengembangan Pariwisata Alam pada BBKSDA Jawa Timur Oleh Kepala Bidang Wilayah III BBKSDA Jawa Timur, Perencanaan Kawasan Pelestarian Alam dan Kawasan Suaka Alam dan Metoda Penyusunan dan Strategi Program Pengembangan Desain Tapak oleh Kepala Subdit Pemanfaatan Wisata Alam.

Desain tapak diartikan sebagai sebuah rancangan dan atau rencana pengaturan fungsi ruang di dalam zona atau blok pemanfaatan kawasan pelestarian alam  yang diperuntukkan untuk ruang publik dan ruang usaha (IPPA). Desain tapak ini merupakan salah satu dokumen perencanaan dalam pengelolaan pariwisata alam di kawasan pelestarian alam.

Pada kegiatan simulasi, peserta dibagi menjadi 4 kelompok dimana perwakilan dari Balai TN Alas Purwo masing-masing terbagi ke dalam kelompok 1, kelompok 2 dan kelompok 3. Masing-masing kelompok ditugaskan menyusun diagram analisis tapak. Kelompok 1 di wilayah Pal Tuding, kelompok 2 di wilayah Pondok Bunder, kelompok 3 di wilayah Kawah Ijen dan kelompok 4 diluar wilayah TWA Kawah Ijen. Diagram analisis tapak yang disusun oleh masing-masing kelompok kemudian direview oleh Kepala Subdit Pemanfaatan Wisata Alam dan hasil dari simulasi tersebut di atas, akan dimanfaatkan oleh BBKSDA Jawa Timur sebagai salah satu bahan penyusunan desain tapak TWA Kawah Ijen.


Kembali