Kurnia Setyani
 

KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI KAWASAN HUTAN MANGROVE TELUK PANGPANG TAMAN NASIONAL ALAS PURWO

 (2010)

 

Oleh : Kurnia Setyani

Hutan mangrove merupakan ekosistem khas yang memiliki berbagai fungsi ekologi dan ekonomi yang penting. Fungsi ini hanya dapat berjalan dengan baik jika komponen-komponennya dalam kondisi yang baik pula. Burung merupakan salah satu indikator kondisi kawasan yang baik sehingga penelitian yang berjudu l “Keanekaragaman Jenis Burung di Kawasan Hutan Mangrove Teluk Pangpang Taman Nasional Alas Purwo” perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keanekaragaman jenis burung dan kondisi vegetasi hutan mangrove Teluk Pangpang TNAP serta pengaruh vegetasi terhadap keanekaragaman jenis burung.

Penelitian dilakukan di hutan mangrove Teluk Pangpang TNAP SPTN II Muncar pada 25 November sampai dengan 12 Desember 2010. Pengambilan data burung dilakukan dengan metode transek bersegmen sepanjang 10 km yang diletakkan pada dua  jalur  yaitu,  jalur  darat  dan  jalur  laut.  Pengambilan Data vegetasi dilakukan dengan pembuatan petak ukur kuadrat yang diletakkan pada awal  segmen  transek  burung.  Keanekaragaman  jenis  vegetasi  dan keanekaragaman jenis burung dihitung menggunakan Indeks Diversitas Shannon- Wiener. Analisis regresi digunakan untuk mengetahui pengaruh vegetasi terhadap keanekaragaman jenis burung.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa vegetasi mangrove Teluk Pangpang tersusun atas 12 jenis dari 7 famili dengan jenis yang memiliki kerapatan tertinggi adalah Rhizophora apiculata. Keanekaragaman jenis vegetasi sedang dengan nilai ID Shannon-Wiener 1,60. Burung yang ditemui sebanyak 43 jenis dari 24 famili. Keanekaragaman  jenis  burung  sedang  dengan  nilai  ID  Shannon-Wiener  3,34. Hasil analisis  regresi  menunjukkan  bahwa tidak  ada pengaruh  signifikan dari variabel vegetasi yang dikaji terhadap keanekaragaman jenis burung. Pertemuan dengan Punai Siam (Treron bicincta) merupakan catatan kedua bagi burung ini di TNAP dan catatan distribusi baru di Jawa.

 

 

Kata kunci: Burung, Mangrove, Keanekaragaman jenis, Teluk Pangpang TNAP

 



¹Mahasiswa Bagian Konservasi Sumberdaya Hutan Fakultas Kehutanan UGM

²Dosen di Bagian Konservasi Sumberdaya Hutan Fakultas Kehutanan UGM

 


Kembali