MAMALIA
 

Ditemukan 50 jenis mamalia di Taman Nasional Alas Purwo. Diantara mamalia tersebut yang menjadi spesies kunci bagi Taman Nasional Alas Purwo adalah Banteng. Banteng (Bos javanicus) merupakan salah satu jenis satwa mamalia ruminansia besar yang elok dan sudah langka, khususnya di Indonesia hanya terdapat di Pulau Jawa, Kalimantan. Banteng mempunyai tubuh yang tegap, besar dan kuat dengan bahu depan lebih tinggi daripada bagian belakang. Di kepalanya terdapat sepasang tanduk, pada banteng jantan dewasa tanduknya berwarna hitam mengkilat, runcing dan melengkung ke depan sedangkan pada banteng betina tanduknya lebih kecil dan melengkung ke belakang.

Banteng menyebar merata diseluruh kawasan terutama di sungai-sungai yang tergenang air, sungai kering yang ditumbuhi rumput dan juga diperbukitan yang ditumbuhi bambu. Lokasi yang paling mudah untuk meyaksikan satwa jenis Banteng ini adalah di Feeding Ground Sadengan yang merupakan salah satu habitat Banteng yang mempunyai kondisi yang cukup ideal bagi kehidupan Banteng.


 

Selain banteng, beberapa jenis mamalia yang dijumpai di kawasan TNAP yaitu rusa (Cervus timorensis), ajag (Cuon alpinus), babi hutan (Sus scrofa), kijang (Muntiacus muntjak), macan tutul (Panthera pardus), lutung budeng (Tracypithecus auratus), monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) jelarang (Ratufa bicolor), rase (Vivericula indica), linsang (Prionodon linsang), luwak (Paradoxurus hermaprhoditus), garangan (Herpestes javanicus) dan kucing hutan (Felis bengalensis).


Berikut daftar jenis mamalia di Taman Nasional Alas Purwo

 


Kembali