Muhaimin Rifa’I, S.Si, Zulfaidah P.G, S.Si dan Luchman Hakim, S.Si
 

STRUKTUR KOMUNITAS TERUMBU KARANG DI PANTAI TAMAN NASIONAL ALAS PURWO

 (1999)

Oleh : Muhaimin Rifa’I, S.Si, Zulfaidah P.G, S.Si dan Luchman Hakim, S.Si

            Sebagai salah satu komponen penyususn ekosistem laut. terumbu karang adalah tempat strategis dan pendukung kehidupan biota laut lainnya.Saat ini tekanan terhadap terumbu karang yang disebabkan oleh aktifitas manusia semakin meningkat, sementara pemetaan dan identifikasi tiap-tiap jenis sedang dilakukan. Kawasan Taman Nasional Alas Purwa adalah salah satu kawasan Taman Nasional yang mempunyai daerah pantai dengan tingkat sebaran dan distnbusi terumbu yang tidak sama pada tiap daerah pantainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur komunitas terumbu karang dan mengetahui jenis-jenisnya di kawasan Pantai Bringina Taman Nasional Alas Purwa.

Penelitian terhadap jenis-jenis terumbu dilakukan secara deskriptif dengan mengambil foto dan specimennya . Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan buku identifikasi terumbu karang.

Dari penelitian terhadap jenis-jenis terumbu karang ini didapatkan antara lain Sacrophyton, Labophylum, Turbinaria, Pocillopora, Porites, Stylopora, Pavona, Goniastrea, Acropora, dan Muscidae. Beberapa jenis lain juga didapatkan tetapi gagal untuk diidenifikasi karena kerusakan sampel. Dari data pada masing-masing transek didapatkan bahwa INP terumbu karang yang mati adalah yang terbesar diantara jenis-jenis yang hidup, makroalga dan rumput laut. Hal ini mengindikasikan telah terjadi kerusakan pada kawasan pantai Bringinan.



Tim Peneliti Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Brawaijaya Malang


Kembali