Ni Putu D.E Raditya Dewi R.P
 

STRATEGI PENGELOLAAN TAMAN NASIONAL ALAS PURWO SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KECAMATAN TEGALDLIMO, KABUPATEN BANYUWANGI

(2009)

 

Oleh : Ni Putu D.E Raditya Dewi R.P

Penelitian ini tentang Strategi Pengelolaan Taman Nasional Alas Purwo sebagai Daya Tarik Wisata di Kecamatan Tegal Dlimo, Kabupaten Banyuwangi, sebagai salah satu sarana yang dapat menunjang pertumbuhan kegiatan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi yang dimiliki Taman Nasional Alas Purwo sebagai Daya Tarik Wisata yaitu kawasan resort Rowobendo. Mengetahui fasilitas yang ada di Taman Nasional Alas Purwo sebagai penunjang aktivitas wisatawan maupun pariwisata. Mengetahui kendala yang dihadapi dalam mengelola Taman Nasional Alas Purwo dan Strategi pengelolaan yang dapat dilakukan dan sesuai dengan keadaan Taman Nasional Alas Purwo khusunya resort Rowobendo.

Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data jumlah kunjungan wisatawan Kabupaten Banyuwangi dan Taman Nasional Alas Purwo, data potensi alam ataupun budaya, visi misi pengelolaan serta beberapa pasal yang ada di dalam UU Kehutanan maupun Konservasi. Data-data tersebut diperoleh dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, studi kepustakaan dan dokumentasi. Dari data-data tersebut, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif, data yang masuk disusun ke dalam bentuk uraian yang menggambarkan suatu keadaan maupun peristiwa yang sifatnya menerangkan.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan ada beberapa strategi yang dapat dilakukan oleh pihak Balai Taman Nasional Alas Purwo sebagai pihak pengelola, diantaranya adalah: pemanfaatan potensi zona pemanfaatan yang lebih optimal, penambahan kualitas, kuantitas pegawai dan pengadaan guide lokal, penambahan dan perawatan fasilitas secara berkelanjutan, membentuk tim khusus dalam penyelesaian zona eks penyangga, menentukan kebijakan dan pemantapan program pengelolaan jangka panjang dan jangka pendek, pengumbulan data secara berkelanjutan untuk pembuatan map road dan guide book, pemberdayaan dan pelibatan masyarakat dalam pengelolaan lebih digencarkan sehingga masyarakat dapat kontribusi langsung.

 

 

Kata Kunci : Stategi, Pengelolaan, Fasilitas



Mahasiswa Program Studi D4 Fakultas Pariwisata Udayana, Denpasar


Kembali