Nur Hidayati
 

PENGARUH PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PENGUNJUNG PADA EKOWISATA MANGROVE BEDUL BANYUWANGI

 (2011)

 

Oleh : Nur Hidayati

Ekowisata Mangrove Bedul Banyuwangi merupakan salah satu wisata yang berupa pantai, untuk bisa bersaing dengan wisata lain Ekowisata Mangrove Bedul Banyuwangi harus memiliki strategi pemasaran yang efektif, sehingga strategi yang digunakan yaitu meningkatkan promosi dan membuat lokasi lebih manarik. Dengan melakukan strategi tersebut diharapkan wisata bedul bisa lebih menonjol atau lebih diminati pengunjung dibandingkan wisata lain.

             Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah lokasi dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pengunjung pada Ekowisata Mangrove Bedul Banyuwangi dan menganalisis factor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pengunjung dan Ekowisata Mangrove Bedul Banyuwangi. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengunjung pada Ekowisata Mangrove Bedul Banyuwangi. Sampel yang diambil sebanyak 123 responden dengan menggunakan teknik apabila populasinya kurang yang dari 100 maka diambil semua sebagai sampel, jika dari 100 maka sampelnya ditetapkan sebesar 10% – 15% dan 20% – 25%.

            Berdasarkan analisis data statistic, pertanyaan-pertanyaan pada penelitian ini bersifat valid dan reliable. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, pengujian secara parsial dari masing-masing variable yang paling berpengaruh adalah variable lokasi dengan koefisian regresi sebesar 0,372 dan promosi dengan koefisien regresi sebesar 0,200. Ekowisata Mangrove Bedul Banyuwangi perlu mempertahankan atau bahkan meningkatkan factor-faktor yang dapat membuat lokasi menarik yang sudah dinilai baik oleh pelanggan serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang.

 

 

Kata kunci : Lokasi, Promosi, Keputusan Pengunjung.



Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi*


Kembali