PAKET-PAKET WISATA TAMAN NASIONAL ALAS PURWO
 

1. JALUR WISATA SUSUR MANGROVE
Bedul (Segoro Anak) – Grajagan – Cungur
Kegiatan ini bagus dilaksanakan pada waktu pagi dan sore hari untuk menikmati indahnya panorama hutan mangrove dan merasakan sejuknya udara di sepanjang segoro anak. Selain itu di Cungur dapat dijumpai berbagai jenis burung air yang sedang mencari pakan serta burung migran pada bulan Mei-Juli (Saat Australia musim dingin).

Aktivitas wisata dengan perahu di Segoro Anak, Bedul Aktivitas wisata di Bedul

2. PESONA SATWA
Sadengan – Ngagelan
Kegiatan wisata di Sadengan bagusnya dilakukan pada pagi atau sore hari dimana banyak satwa yang sedang mencari pakan di Feeding Ground Sadengan antara lain seperti Banteng, Kijang, Rusa, Babi Hutan dan jenis-jenis burung. Dan pada bulan September- November dapat disaksikan keindahan tarian merak dimana pada bulan tersebut merupakan musim kawin bagi merak di TN Alas Purwo.

Atraksi satwa di Sadengan

Sedangkan Kegiatan Wisata di Ngagelan terbagi menjadi dua yaitu
1. Lalar yaitu menelusuri sepanjang pantai Pancur-Cungur pada malam hari untuk mencari penyu yang sedang mendarat untuk di tagging dan diambil telurnya untuk dipindahkan ke tempat penetasan semi alami di Ngagelan. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan pada bulan April-Agustus yang merupakan musim bertelur penyu di TN Alas Purwo
2. Melepaskan Tukik ke laut. Kegiatan ini dilakukan dengan melepaskan tukik yang telah menetas.

Aktivitas Wisata di Ngagelan Aktivitas Wisata di Ngagelan

3. TRECKING (JUNGGLE TRACK)
Pancur – Sadengan – Rowobendo
Pancur – Sadengan – Goa Basori
Pasaranyar – Watu Pecah – Perpat
Pancur – Plengkung – Pondok Waru

Kegiatan ini bagus dilaksanakan pada pagi – sore hari dengan menelusuri jalan-jalan setapak yang ada di dalam kawasan hutan. Kegiatan ini bagus bagi para pengunjung yang mempunyai jiwa petualang karena dapat merasakan keindahan alam kawasan TNAP dengan langsung masuk di dalamnya. Selain itu pada pagi dan sore hari sering dijumpai berbagai jenis burung, monyet ekor panjang, lutung, babi hutan dan rusa.

Jungle Track di Goa Basori

4. FUN BIKE
Trianggulasi – Ngagelan – Bedul
Trianggulasi – Pura Giri Salaka – Rowobendo
Trianggulasi – Pancur – Plengkung

Kegiatan ini bagus dilaksanakan pagi – sore hari dengan menelusuri jalan utama yang ada di kawasan TN Alas Purwo. Kegiatan sebaiknya menggunakan sepeda yang mempunyai roda yang agak kasar karena beberapa medan yang ditempuh mempunyai kondisi jalan yang sedikit bergelombang.

Aktivitas Fun Bike

5. BIRD WATCHING
Trianggulasi – Jalur Burung Berkicau – Sunglon Ombo – Susur Pantai
Kegiatan ini bagus dilaksanakan pada pagi dan sore hari yang merupakan waktu aktif bagi burung. Kegiatan ini dilakukan dengan menelusuri jalur setapak yang merupakan jalur burung berkicau yang ada di TN Alas Purwo.

Aktivitas Bird Watching di Jalur Burung Berkicau

6. JALUR PESONA PANTAI
Trianggulasi – Pancur – Plengkung
Trianggulasi – Ngagelan – Cungur
Muncar – Sembulungan – Perpat
Perpat – Tanjung Pasir – Pondok Waru

Kegiatan ini sangat bagus bagi pengunjung pecinta panorama pantai. Karena dilakukan dengan jalan kaki menelusuri sepanjang pantai kawasan TN Alas Purwo. Kegiatan ini bagus dilaksanakan pagi-sore hari, tetapi disarankan membawa topi karena panas pada siang hari. Pada pagi hari pengunjung dapat menikmati sunrise dan sunset pada sore harinya.

Aktivitas Susur Pantai Aktivitas Susur Pantai

7. WISATA RITUAL
Pura Luhur Giri Salaka
Pancur – Goa Istana – Goa Mayangkoro – Goa Padepokan
Bagi pengunjung yang ingin mengikuti proses ritual di Pura Luhur Giri Salaka, sebaiknya datang pada bulan-bulan suci umat Hindu dan bulan Suro. Selain itu terdapat upacara Pager Wesi yang diadakan setiap 210 hari sekali di Pura Luhur Giri Salaka. Sedangkan untuk mengunjungi goa-goa dapat dilakukan kapan saja.

Aktivitas Ritual di Pura Luhur Giri Salaka

8. WISATA BUDAYA DAN SEJARAH
Muncar – Sembulungan (Makam Gandrung, Goa Jepang)
Bagi pengunjung yang ingin menyaksikan kegiatan wisata budaya sebaiknya dilakukan pada tanggal 15 Muharram setiap tahunnya di Makam Gandrung karena dilakukan upacara tradisional “Petik Laut”, yaitu acara yang diadakan oleh para nelayan Muncar sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rejeki yang dilimpahkannya. Dan setelah acara petik laut selesai dapat dilanjutkan dengan mengunjungi Goa Jepang sebagai salah satu warisan peninggalan Jepang.

Aktivitas wisata di Peninggalan Meriam dekat Goa Jepang Penari Gandrung di Makam Gandrung

9. WISATA SURFING
Pantai Plengkung
Kegiatan wisata di Pantai Plengkung yaitu surfing. Bagi pengunjung yang ingin datang ke Plengkung sebaiknya pada bulan Maret-Oktober karena kondisi ombak sedang besar dan bagus. Pengunjung juga sebaiknya berkunjung melalui perusahaan wisata surfing yang tersedia disana yaitu PT Wanasari Pramudita Ananta, PT Wanawisata Alam Hayati dan PT Plengkung Indah Wisata.

Aktivitas Surfing di Pantai Plengkung Aktivitas Surfing di Pantai Plengkung

Kembali