Pelaksanaan PRA MDK Desa Wringinputih
 

SAM_4118

SAM_4008SAM_4085

Melanjutkan rangkaian kegiatan pembentukan MDK Desa Wringin putih sebelumnya yakni kesepahaman dan pembentukan kelembagaan, kali ini dilaksanakan kegaiatan PRA (Participatory Rural Appraisal). PRA merupakan Metode pendekatan dalam proses pemberdayaan dan peningkatan partisipasi masyarakat yang tekanannya pada keterlibatan masyarakat dalam keseluruhan kegiatan pembangunan. Pendekatan PRA menjadikan warga masyarakat sebagai peneliti, perencana, pelaksana program kegiatan. Bukan sekedar sebagai objek dari kegiatan. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 8-12 April 2013 di Pos Kalistail, Resort Sembulungan, Muncar dengan 20 peserta perwakilan dari semua kalangan masyarakat. Kegiatan dipandu oleh LSM Konservasi Alam Indonesia Lestari (KAIL) dari Jember.

Dalam kegiatan kali ini peserta diajak menggali potensi dan permasalahan yang ada di Desa Wringin putih yang pada akhirnya akan menentukan jenis usaha yang menjawab permasalahan yang ada di desa ini. Adapun data komponen kelengkapan PRA yang akan direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi oleh peserta yakni Sketsa desa, Peta mobilitas, Alur sejarah,Transek Desa, kalender musim, diagram alir, kegiatan harian keluarga, matrik rangking, diagram venn, kecenderungan dan perubahan. Dalam kegiatan PRA kali ini tergali potensi Desa Wringinputih yang tergolong dalam 3 kelompok yakni potendi alam/lingkungan, potensi sosial dan potensi ekonomi.  Dari potensi-potensi dan permasalahan tersebut dibahas dan dirumuskan menjadi rencana usaha ekonomi masyarakat dengan prioritas tertentu.

Hasil dari PRA kali ini diperoleh prioritas kegiatan ekonomi masyarakat yang akan menjadi pilihan usaha masyarakat yang dibagi ke dalam 2 kelompok yakni :

Prioritas program MDK aspek lingkungan Desa Wringinutih terdiri dari :

  • Mengembangkan ekowisata Teluk Pangpang (Hutan mangrove, sungai STAIL, Taman kili-kili, klampis cinta, satwa dll)
  • Mengkonservasi  mangrove
  • Pengolahan limbah organik dan non organik

Prioritas Program MDK aspek ekonomi berdimensi konservasi Desa Wringinputih terdiri dari :

  • Pengembangan usaha peternakan kambing, sapi & ayam
  • Pengembangan usaha perikanan air tawar dan laut
  • Pengembangan  home industry pengolahan limbah hasil kelapa
  • Pengembangan Home industry pengolahann buah mangrove untuk dodol dan krupuk
  • Pengembangan usaha trasi

Kembali

Switch to our mobile site