Pelatihan Kebakaran Hutan untuk Karyawan PPA Plengkung dan Masyarakat Pendarung
 

9 Oktober 2012, Penanggulangan kebakaran hutan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemangku kawasan hutan, akan tetapi juga menjadi kewajiban bagi masyarakat khususnya yang beraktivitas di dalam dan sekitar kawasan hutan. Oleh karena itu Balai Taman Nasional Alas Purwo bekerjasama dengan PT. WPA (salah satu PPA di Plengkung) mengadakan pelatihan kebakaran hutan untuk masyarakat. Pelatihan diikuti peserta sebanyak 30 orang yang terdiri dari karyawan 3 PPA Plengkung (PT. WPA, PT. PIW dan PT. WWAH) serta masyarakat pendarung yang beraktivitas di sekitar Plengkung. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kepedulian masyarakat supaya turut serta dalam menjaga kelestarian hutan dari ancaman kebakaran hutan.

Materi yang diberikan pada pelatihan ini adalah pengenalan tentang perilaku api dan teknik dasar pemadamannya, pengenalan alat pemadaman kebakaran hutan dan prosedur penggunaannya, sistem komando Dalkarhut serta simulasi pemadaman kebakaran hutan. Dalam simulasi peserta yang berjumlah 30 orang dibagi menjadi 3 kelompok yang terdiri dari Kelompok Serbu api, Ilaran api dan Mop Up. Dari hasil simulasi dapat disimpulkan bahwa peserta pelatihan sudah memahami tugas dan fungsi masing-masing kelompok, baik dalam penggunaan alat sampai dengan sistem komando dalam pelaksanaan pemadamannya.

Besar harapan kami bahwa kegiatan seperti ini dapat berjalan secara rutin untuk semakin menumbuhkan kepedulian masyarakat tentang arti penting kelestarian hutan (Hariyanto, 2012).


Kembali