Pembentukan Model Desa Konservasi Desa Wringinputih
 

100_8443     100_8479

100_8457     100_8504

Dalam rangka kegiatan pembentukan Model Desa Konservasi Balai TN Alas Purwo di Desa Wringinputih, salah  satu tahapan yaang harus dilakukan adalah membangun kesepahaman yang dilaksanakan pada tanggal 25-27 Maret 2013. Kesepahaman dilakukan dengan tujuan untuk mempertemukan pemahaman antara Balai TN Alas Purwo dan masyarakat Desa Wringinputih, Kec. Muncar, Kab. Banyuwangi mengenai Model Desa Konservasi (MDK).  Kesepahaman menjadi penting sebagai awal komitmen dari masyarakat untuk mewujudkan dan menjalankan roda kegiatan MDK agar sesuai dengan tujuan yang diharapkan.

Dalam pertemuan kali ini diundang para tokoh masyarakat yang mewakili semua lapisan masyarakat mulai dari pejabat Desa hingga masyarakat nelayan yang ada di Desa Wringinputih. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Wringinputih Bp. Muzayen, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Balai TN Alas Purwo yang diwakili oleh Kepala SPTN W II Muncar  Bp. Lugi Hartanto, SP. Kemudian kegiatan peyampaian materi dan diskusi. Pihak TN Alas Purwo menggandeng rekan dari Lembaga Swadaya Masyarakat yakni Konservasi Alam Indonesia Lestari (KAIL) dari Jember guna menyampaian materi dan memandu kegiatan diskusi. Perlibatan LSM dalam hal ini bertujuan untuk menjaga kenetralan guna menghindari adanya dominasi kepentingan personal atau kelompok.

Baik masyarakat maupun aparat desa menunjukan antusiasme yang tinggi dan kesepakatan untuk mewujudkan kegiatan pembentukan MDK di Desa Wringin Putih ini. Masyarakat dibagi ke dalam kelompok untuk mendiskusikan dan mempresentasikan apa yang menjadi harapan dan keinginan mereka atas MDK yang akan dilaksanakan di Desa Wringinputih, harapannya dari sini tergali informasi maksud dan keinginan masyarakat untuk selanjutnya disatukan dengan tujuan MDK Balai TN Alas Purwo.

Agenda hari terakhir 27 Maret 2013 pada pertemuan kali ini adalah kegiatan pembentukan kelembagaan masyarakat MDK. Lembaga adalah suatu organisasi yang berfungsi sebagai wadah bagi sekelompok orang/masyarakat untuk bersama-sama melaksanakan suatu kegiatan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pada pertemuan kali ini Bp. Sudirman yang dicalonkan dan dipilih oleh forum melalui voting sebagai ketua kelembagaan MDK Desa Wringin putih dengan nama kelompok “Pang-pang Lestari”.

Agenda selanjutnya untuk menindaklanjuti kegiatan kali ini yakni pengembangan kelembagaan dan pelaksanaan PRA tanggal 8-12 April 2013 yang akan datang di pos Kalistail Resort Sembulungan.


Kembali