PEMBINAAN MASYARAKAT PEDULI API BALAI TAMAN NASIONAL ALAS PURWO TAHUN 2017
 

1.7

Dalam rangka meningkatkan kemampuan Masyarakat Peduli Api (MPA), Balai Taman Nasional Alas Purwo mengadakan kegiatan Pembinaan Masyarakat Peduli Api (MPA) mulai tanggal 18 s/d 20 April 2017 yang bertempat di kantor SPTN Wilayah I Tegaldlimo dan di Resort Sembulungan, SPTN Wilayah II Muncar.

      Acara tersebut dihadiri oleh MPA 20 orang anggota yang berasal dari 5 Desa di sekitar kawasan TN Alas Purwo yaitu Desa Kalipait, Kedungasri, Kedung wungu, Kedung Gebang dan Purwoasri. Pada kegiatan Pembinaan kali ini, peserta dibekali dengan materi pelatihan dasar tentang Sistem Peringkat Bahaya Kebakaran (SPBK), Sistem informasi Kebakaran Hutan, Medical First Responder (MFR), Navigasi darat, serta Rescue yang disampaikan oleh Regu Brigdalkar BTN Alas Purwo dan Basarnas.

      Diharapkankan kepada Kelompok MPA saling berkerjasama dan bersinergi menjalankan program pelatihan ini agar senantiasa siap siaga dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan serta cekatan dalam memberikan pertolongan apabila terjadi kecelakaan saat melaksanakan tugas pengendalian kebakaran hutan.

     Masyarakat Peduli Api (MPA) merupakan salah satu upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan berbasis masyarakat. Pengelolaan kawasan hutan harus melibatkan masyarakat, terutama masyarakat sekitar hutan. Peran Serta Masyarakat dalam pengendalian kebakaran hutan sangatlah penting. Untuk itu, perlunya upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya kebakaran hutan serta melibatkan masyarakat dalam kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan mulai dari pencegahan, pemadaman dan penanggulangan dampak.
Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat sekitar kawasan hutan perihal kebakaran hutan dan lahan serta pengendaliannya.

Penulis : Bagyo Kristiono, ( Polisi Kehutanan TN. Alas Purwo).

 

 


Kembali