PENYERAHAN SATWA LIAR REPTIL KEPADA BALAI TAMAN NASIONAL ALAS PURWO
 

Rabu, 2 Maret 2016 Balai Taman Nasional Alas Purwo menerima penyerahan seekor Sanca bodo sepanjang kurang lebih 3.10 meter dan berat 40 Kg. sebagai wujud kepedulian masyarakat terhadap satwa yang sudah mulai langka pupolasinya. Disaksikan oleh masyarakat sekitar dan Kepala Desa Kedungasri Bpk. Sunaryo, ular tersebut oleh Bpk. Gondo diserahkan kepada Petugas dari Balai Taman Nasional Alas Purwo untuk dilepasliarkan di Kawasan Konservasi Taman Nasional Alas Purwo.

Ular Sanca bodo (Python molurus) adalah reptil yang dilindungi berdasarkan PP Nomor 7 Tahun 1999 dan dan ditetapkan oleh IUCN Redlist dengan status konservasi ?Vulnerable? (Berisiko). Sanca bodo hidup secara alami di Indochina termasuk Indonesia (Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sumbawa, dan Sulawesi).Ular ini mendiami hutan tropis atau hutan musim yang lembab. Biasanya ditemukan tidak jauh dari air atau tempat lembab bahkan kadang di dekat pemukiman.

Klasifikasi ilmiah: Kerajaan: Animalia; Filum: Chordata; Kelas: Reptilia; Ordo: Squamata; Upaordo: Serpentes; Famili: Pythonidae; Genus: Python; Spesies: Python molurus; Subspesies: Python molurus molurus dan Python molurus bivittatus

Nama Ilmiah (latin): Python molurus; Sinonim: Coluber molurus; Nama Indonesia: sanca bodo

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Sanca_bodo

http://www.iucnredlist.org

 


Kembali