Peringati Hari Bumi 2013 SPTNW Wilayah II Muncar Melakukan Penanaman
 

earth

Hari Bumi atau disebut dengan Earth Day diperingati setiap tanggal 22 April setiap tahunnya. Penggagas Hari Bumi adalah Gaylord Nelson, seorang senator Amerika Serikat dari Wisconsin yang juga pengajar lingkungan hidup. Waktu itu Gaylord Nelson memandang perlunya isu-isu lingkungan hidup untuk masuk dalam kurikulum resmi perguruan tinggi. Pada tanggal  pada 22 April 1970 di Amerika Serikat, jutaan orang, terutama siswa sekolah dan mahasiswa, berkumpul untuk mendukung gagasan Gaylord Nelson yang menyuarakan kepedulian terhadap kesehatan dan lingkungan hidup.

Peringatan Hari Bumi Sedunia ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat atas masalah lingkungan yang ada. Bumi sebagai ‘ibu’ telah memberikan segalanya untuk kita. Tanah tempat berpijak, udara yang kita hirup, hingga sayuran yang kita makan setiap hari. Saatnya berterima kasih kepadanya dan berharmoni dengannya. Tak ada salahnya mengubah pandangan, bumi bukanlah sumber daya yang senantiasa dihisap, melainkan sahabat, seperti yang telah diajarkan nenek moyang sejak lampau. Hari Bumi bisa dijadikan sebagai kampanye untuk mengajak semua orang peduli dengan lingkungan hidup, meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia yaitu bumi.

Oleh karena itu Seksi Pengelolaan TN Wilayah II Muncar melakukan kegiatan penanaman di blok Gandrung wilayah kerja Resort Sembulungan. Kegiatan penanaman kali ini melibatkan personil SPTN Wilayah II Muncar, Resort Sembulungan, perwakilan dari PT. Dhisti Mutiara Suci serta masyarakat nelayan. Bibit yang ditanam adalah Bogem/keben (Barringtonia asiatica.) dan Kemiri (Aleurites moluccana) dengan jumlah 65 bibit yang terdiri dari 60 bibit Bogem/Keben dan 5 bibit Kemiri. Meskipun jumlah bibit yang ditanam tidak terlalu banyak, diharapkan bisa memberikan contoh bagi masyarakat khususnya masyarakat nelayan yang biasanya sandar di sekitar kawasan taman nasional tentang arti sebuah pohon bagi kehidupan. (Bagyo Kristiono, SP./Polhut Pelaksana Lanjutan)

Picture1Picture2

Picture4Picture3


Kembali