Peta Akses Wisata

TARIF MASUK KAWASAN TAMAN NASIONAL ALAS PURWO UNTUK KEGIATAN REKREASI ATAU WISATA ALAM

AKSESIBILITAS MENUJU TN ALAS PURWO
Kawasan TN. Alas Purwo dapat ditempuh dari beberapa kota besar seperti dari Banyuwangi dan Jember. Sedangkan khusus ke Plengkung dapat ditempuh lewat darat maupun lewat laut dari Grajagan dan Bali. Terdapat tiga alternatif jalur menuju Taman Nasional Alas Purwo yaitu ;

A. Alternatif 1 (Pintu Rowobendo)
Yaitu jalur Pantai Utara yang melewati Kab. Situbondo hingga memasuki Kota Banyuwangi berlanjut menuju Kalipait terus ke selatan memasuki Hutan Produksi hingga pintu gerbang Rowobendo Taman Nasional Alas Purwo, sebagaimana gambar peta dibawah.

Untuk para pengunjung yang menggunakan angkutan umum setelah sampai di Terminal Ketapang dilanjut dengan mikrolet / Lyn menuju Terminal Karangente, lanjut dengan Bus Mini tujuan Kalipait. Dari Kalipait untuk menuju Rowobendo TN Alas Purwo dilanjutkan dengan menggunakan Ojeg.

B. Alternatif 2 (Pintu Bedul)
Yaitu jalur dari arah Kab. Jember melalui Gunung Gumitir sampai pertigaan Benculuk belok kanan menuju arah Purwoharjo. Dari Purwoharjo selanjutnya mengikuti arah petunjuk menuju Wisata Mangrove Bedul Taman Nasional Alas Purwo.

Untuk yang menggunkan angkutan umum dengan menggunkan Bus dari Jember, sampai pertigaan Benculuk berganti dengan angkutan umum yang ada di Benculuk dengan tujuan Purwoharjo selanjutnya menggunakan Ojeg menuju Wisata Mangrove Bedul TN Alas Purwo.

C. Alternatif 3 (Pintu Plengkung)
Yaitu langsung dari Bali melalui jalur perairan/ laut menggunakan Speed Boot menuju Pantai Plengkung. Perjalanan dari Bali menggunakan Speed Boot milik Pengusaha pariwisata alam yang ada ada di Plengkung.

Objek-objek wisata yang ada di dalam kawasan dapat dicapai melalui darat baik dari pintu masuk Rowobendo, Bedul maupun Grajagan. Sedangkan objek wisata yang ada di wilayah utara Taman Nasional Alas Purwo mulai dari Sembulungan, Kayu Aking, Perpat dan Slenggrong dapat dicapai dengan menggunakan jalur perairan laut dari Muncar. Berikut merupakan peta akses ODTWA (Objek Daya Tarik Wisata Alam) di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo.


Taman nasional ini memiliki ragam obyek dan daya tarik wisata alam dan wisata budaya (sea, sand, sun, forest, wild animal, sport and culture) yang letaknya tidak begitu jauh satu sama lain. Plengkung yang berada di sebelah Selatan Taman Nasional Alas Purwo telah dikenal oleh para perselancar tingkat dunia dengan sebutan G-Land. Sebutan G-land dapat diartikan, karena letak olahraga selancar air tersebut berada di Teluk Grajagan yang menyerupai huruf G.

Ataupun letak Plengkung berada tidak jauh dari hamparan hutan hujan tropis yang terlihat selalu hijau (green-land). Plengkung termasuk empat lokasi terbaik di dunia untuk kegiatan berselancar dan dapat disejajarkan dengan lokasi surfing di Hawai, Australia, dan Afrika Selatan. Menyelusuri pantai pasir putih dari Trianggulasi ke Plengkung akan menemukan daerah pasir gotri. Pasir tersebut bewarna kuning, berbentuk bulat dan berdiameter sekitar 2,5 mm.

Objek Wisata



Atraksi Wisata