Taman Nasional Kutai, Pemkot Bontang dan Pemkab Kutai Timur Studi Banding ke Banyuwangi
 

kunker_kota_bontang_(10)

BANYUWANGI. Banyuwangi dinilai berhasil menjalin kerjasama dengan taman nasional setempat dalam pengembangan wisatanya. Alasan tersebutlah yang membawa Balai Taman Nasional Kutai (BTNK) mengunjungi kota paling timur Pulau Jawa ini, Kamis (7/8).

Hal itu diungkapkan oleh ketua rombongan Erly Sukrismanto. Kami mendapatkan informasi dari Direktur Pemanfaatan Jasa Lingkungan Kawasan Konservasi dan Hutan Lindung (PJLKKLH) Dr Bambang Supriyanto, bahwa Bupati Banyuwangi telah berhasil menjalin kerjasama dengan Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) dan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP). Oleh sebab itu kami disarankan untuk studi banding kemari, ujar pria yang menjabat sebagai Kepala BTNK ini.

Kedatangan BTNK ke Banyuwangi yang diikuti oleh jajaran pejabat Pemkot Bontang dan Pemkab Kutai Timur ini tak lain dikarenakan wilayah BTNK berada di dua kabupaten/kota, yakni Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang. Bersama dua kabupaten/kota ini kami akan menimba ilmu dari Banyuwangi tentang pengelolaan wisata alam dengan basis taman nasional. Termasuk kejelasan tentang penetapan peraturan-peraturannya, baik di pemerintahan maupun di kementerian, juga bagaimana nanti status kepemilikan aset-asetnya, kata Erly.

Dan Banyuwangi juga menjadi pilihan untuk didatangi, tutur Erly, lantaran daerah ini memiliki destinasi wisata yang lengkap seperti hutan, gunung dan laut, sebagaimana di kawasannya. Ke depan kami akan mengembangkan wisata mangrove, perlindungan orang utan, wisata buaya, wisata gua dan wisata pantai. Selain itu juga wisata rimba berupa trekking di sepanjang jalanan hutan dan objek Pohon Uli, yakni pohon tertua di Taman Nasional Kutai, tutur Erly.

Diterima oleh Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko didampingi pejabat komponen pemkab, Kepala TNMB dan TNAP di Kantor Pemkab Banyuwangi, Erly menyatakan rombongannya akan berada di Banyuwangi mulai 7 – 11 Agustus mendatang. Kesempatan tersebut juga akan dimanfaatkan untuk mengunjungi TNAP yang sarat dengan objek wisata seperti Pantai Bedul, Pantai Pancur, Sadengan dan Pantai Plengkung. Selanjutnya mereka juga akan menuju TNMB untuk melihat dari dekat Pantai Rajegwesi dan Pantai Sukamade yang terkenal dengan penyunya. (Humas & Protokol)

Sumber 😕 http://banyuwangikab.go.id/berita-daerah/taman-nasional-kutai-pemkot-bontang-dan-pemkab-kutai-timur-studi-banding-ke-banyuwangi.html


Kembali