TN Alas Purwo Kembali Menjadi Stand Terbaik di Majapahit Travel Fair 2017
 

TN. Alas Purwo

Picture 4 of 4

Surabaya, 17 April 2017. Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) kembali menjadi Juara 1 Stand Terbaik Kategori Stand Kecil dalam ajang Majapahit Travel Fair (MTF) 2017. Pada gelaran tahun sebelumnya, TNAP juga meraih Juara 1 untuk kategori yang sama. Apresiasi disampaikan dalam rangkaian acara penutupan MTF 2017.

. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provionsi Jawa Timur. Berlangsung pada 13 – 16 April 2017, kegiatan ini digelar di Grand City Convention and Expo Surabaya. Mengangkat tema “East Java Adventure Tourism”, kegiatan ini memadukan minat berwisata berbasis alam dan petualangan sebagai upaya menganekaragamkan daya tarik wisata. Rangkaian kegiatan dalam MTF 2017 antara lain: travel exchange (travex), pameran wisata, talkshow, famtrip, pentas seni dan lomba.

Pada MTF 2017 ini TNAP mengangkat wisata Teluk Banyubiru. Teluk Banyubiru merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang dikembangkan bersama masyarakat. Teluk ini memiliki air yang jernih berwarna kebiruan menjadikannya salah satu spot snorkling yang diminati di Banyuwangi. Masyarakat kelompok binaan TNAP telah merintis pengembangan paket wisata dan transportasi ke Teluk Banyubiru. Diantaranya adalah Pokmaswas Gemuruh (Gerakan Muncar Rumahku) dan BSS (Bahari Setail Sejahtera).

Selain Teluk Banyubiru, TNAP juga mengenalkan destinasi unggulan lainnya. Beberapa destinasi wisata alam antara lain Savana Sadengan, Pantai Plengkung, Pantai Triangulasi, Pantai Pancur, Ngagelan dan Mangrove Bedul. Destinasi wisata spiritual seperti Pura Luhur Giri Salaka, Situs Kawitan, Makam Gandrung dan Goa Istana.

MTF 2017 berlangsung meriah. Pengunjung membludak terutama pada sore sampai malam hari. Semua anggota tim pameran TNAP terjun untuk memberikan pelayanan informasi yang optimal bagi pengunjung.

Pada penutupan acara, penyelenggara memberikan penghargaan bagi para peserta pameran. TNAP mendapatkan Juara 1 Stand Terbaik kategori stand kecil bersama Provinsi Jawa Barat (Juara 2) dan Kabupaten Lamongan (Juara 3). Pada Kategori Stand Besar, Juara 1 diraih oleh Kabupaten Blitar, Juara 2 kota Makasar dan Juara 3 DKI Jakarta. Sedangkan Kusuma Agro dan Kabupaten Malang masing-masing Juara Harapan 1 dan 2. Juara Favorit diraih oleh Kementerian Pariwisata.

TNAP berterimakasih kepada keluarga besar TN Alas Purwo dan seluruh pihak yang telah mendukung. Semoga apresiasi ini menjadi tambahan semangat bagi TNAP untuk terus berkarya, melestarikan kekayaan alam dan memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat.

Ayo ke Taman Nasional Alas Purwo !

“Destinasi Edukasi dan Spiritual”
Penulis: Kurnia Setyani (Pengendali Ekosistem Hutan, BTN Alas Purwo)

 


Kembali