Upacara Pagerwesi di Bulan Januari 2013
 

Pada tanggal 16 Januari 2013 telah dilaksanakan Upacara Pagerwesi di Pura Luhur Giri Salaka yang berlokasi di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Pura berada ± 2 Km setelah pintu gerbang kawasan Taman Nasional Alas Purwo menuju ke selatan. Setiap 210 hari sekali, pura ini menjadi pusat perayaan Upacara Pagerwesi umat hindu yang bukan saja berasal dari sekitar kawasan, namun juga dari luar kota seperti Bali dan Malang serta daerah-daerah lainnya.

Upacara ini mengandung nilai kultural sebagai bentuk penyelamatan terhadap ilmu pengetahuan yang diturunkan oleh para dewa. Upacara Pagerwesi mempunyai tiga sesi utama, yakni Palemahan, Pawongan dan Kayangan. Palemahan dilakukan dengan membuang sesaji ke tanah agar dimakan Betharakala. Pawongan merupakan prosesi penurunan ilmu dari dewa di kahyangan dan Kayangan adalah penyampaian rasa syukur kepada dewa-dewa atas ilmu pengetahuan yang diberikan.

Adanya Upacara Pagerwesi ini telah menarik wisatawan lokal untuk datang ke lokasi upacara menyaksikan jalannya Upacara Pagerwesi. Mengingat banyaknya pengunjung yang hadir dalam upacara tersebut, Balai Taman Nasional Alas Purwo bersama dengan jajaran Polsek Tegaldlimo dan Koramil Tegaldlimo turut hadir dalam pelaksanaan upacara tersebut untuk menjaga ketertiban dan keamanan pelaksanaan upacara yang dilaksanakan.


Kembali